Sabtu, 02 Juli 2011

RUMAH TINGGAL LANTAI 2

Bangunan yang saya amati ini merupakan rumah tinggal yang berada di perumahan Villa Tamara, tepatnya di jalan A.Wahab Syaranie SAMARINDA.

Bentuk
Wujud pada bangunan ini mempunyai  bentuk dasar persegi pada badan bangunan, dan limas pada atap. Bangunan ini dirancang dengan menggabungkan beberapa bentuk dasar dan beberapa tambahan bentuk lainnya, sehingga bangunan tersebut menjadi menarik dan indah. Penggunaan batu alam pada bangunan ini yang berfungsi sebagai  memperindah  facade bangunan.
Bangunan ini  mempunyai warna krem muda yang cukup sesuai dengan lingkungan sekitarnya.
Bangunan ini juga memiliki 2 tektur yaitu halus dan kasar. Halus pada dinding  utama, dan kasar pada dinding  batu tempel.
Inersia visual dari bangunan ini ialah tertuju pada muka bangunan yang sering teramati oleh mata telanjang.
Bangunan ini dapat di katakan mempunyai keseimbangan asimetris (seimbang tapi tidak simetris) karena pada sisi kanan dan kiri bentuknya berbeda, tapi besar ukuran luasnya sama.
Rytme (irama) pada bangunan ini terletak pada jendela dan pintu yaitu ventilasi.
Besar bangunan yg terdapat di gambar jelas membedakan perbandingn dengan benda sekitarnya, seperti mobil dan tanaman yang membedakan skala bangunan tersebut.
Bangunan ini memiliki 2 view. Yaitu depan dan samping kanan, karena di belakang dan disamping kiri terdapat bangunan lain. Akses yang terdapat pada bangunan ini ialah pada muka bangunan.
Di sekitar taman di beri tanaman untuk mengatasi Noise (kebisingan ) dari benda yang lewat di sekitar bangunan.

STRUKTUR
1. Pondasi
Pondasi pada bangunan ini menggunakann pondasi foot flat.
pondasi ini mampu menahan beban pada bangunan ini.

2. Dinding
Dinding bangunan berlebar 13, karena bangunan ini menggunakan bata daerah kalimantan.
3. Kuda- kuda

Bangunan ini menggunakan kuda-kuda kayu 6/12.
Kuda-kuda ini mampu menahan beban dari atap.

Bangunan ini cukup terkesan Indah jika dilihat mulai dari permainan bentuk, warna, dan tekstur. Rumah ini juga dapat membuat nyaman bagi penghuninya, apalagi lokasinya yang terletak di wilayah yang strategis.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar