Sabtu, 02 Juli 2011

DESAIN POS JAGA BY DONY

Pos jaga ini di desain dengan konsep modern, karena pos ini menyesuaikan perumahan di sekitarnya. Untuk view pada pos ini menuju pada 3 arah, depan, samping kiri dan samping kanan untuk pemantauan.

Denah yang saya susun secara moderen, terdiri dari ruang jaga, ruang istirahat, ruang ganti, km/wc, dan pantri (dapur kering). Di ruangan jaga ini saya memberikan fasilitas meja dan kursi untuk memantau. Di ruang istirahat saya memberikan fasilitas 2 tempat tidur, meja, dan televisi untuk beristirahat. di ruang ganti saya hanya memberikan fasilitas lemari pakaian untuk mengganti pakaian apabila ingin bertugas tau selesai bertugas. Di km/wc saya memberikan fasilitas kloset jongkok dan bak mandi. Dan pada pantri (dapur kering) saya memberikan fasilitas kompor beserta lemari untuk menyimpan gelas, piring, panci, dan bahan-bahan lainnya.


Tampak didesain dengan konsep yang mempunyai keseimbangan asimetris, di sisi kiri dan kanan pada kanopi . Dan ditengah pada permainan dak beton yang berfungsi untuk menghambat sinar matahari, karena arah sinar matahari terbitnya pas didepan pos jaga tersebut. Begitu juga dengan tampak belakang. Pada tampak depan ini saya buat lengkung dan dijadikan jendela mati pada bagian kiri dan kanan, karena pos ini mempunyai 3 view, yang otomatis apabila sedang memantau maka akan terlihat sangat jelas.


Ditampak samping kiri dan kanan ini saya memberikan bnyak kaca mati, karena ruangan tersebut adalah ruangan pemantauan yang mempunyai view untuk memantau, dan ditambah jendela untuk penghawaan dan pintu untuk akses masuk dan keluar. Di samping, daerah blakang di beri juga jendela untuk penghawaan dan pencahayaan.











1 komentar: